Journal article
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Ira Kusumawardani I Putu Sudana
Volume : 19 Nomor : 1 Published : 2017, April
E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
Abstrak
Corporate Social Responsibility merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk menjaga legitimasi dan reputasi. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan secara empiris pengaruh kepemilikan asing, dewan komisaris independen, ukuran perusahaan, dan profitabilitas pada pengungkapan CSR. Data diperoleh melalui situs resmi BEI. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 40 observasi, dengan metode non probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemilikan asing, dewan komisaris independen, dan profitabilitas tidak berpengaruh pada pengungkapan CSR. Sedangkan ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif pada pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini memberikan dasar bagi manajemen mengambil suatu kebijakan perusahaan dalam mengungkapkan intensitas CSR yang dikarenakan perusahaan yang besar akan mengungkapkan CSR untuk mendapatkan legitimasi dari stakeholder. Semakin besar perusahaan maka tuntutan stakeholder atas manfaat keberadaan perusahaan cenderung lebih besar.