Journal article
EFEKTIFITAS DAN DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM BEASISWA MISKIN DAN BERPRESTASI (BIDIK SIMISI) TERHADAP ANGKA PUTUS SEKOLAH DAN ANGKA PARTISIPASI MURNI DI PROVINSI BALI
Ni Putu Primadewi Pendit Made Kembar Sri Budhi Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni
Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2016, February
E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menganalisis efektifitas dan dampak pelaksanaan Program Beasiswa Miskin dan Berprestasi (BIDIK SIMISI) terhadap angka putus sekolah dan Angka Partisipasi Murni di Bali. Lokasi penelitian bertempat di SMKN I Denpasar. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif untuk data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner maupun wawancara mendalam, diperkuat dengan analisis deskriptif. Demikian halnya untuk data skunder menggunakan analisis kuantitatif. Hasil pembahasan ; 1) Tingkat efektifitas pelaksanaan program dari segi input, proses dan output tergolong efektif, 2) Pelaksanaan Program Beasiswa Miskin dan Berprestasi tidak berdampak signifikan terhadap angka putus sekolah, 3) Pelaksanaan Program Beasiswa Miskin dan Berprestasi tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan Angka Partisipasi Murni di Provinsi Bali pada tahun pertama pelaksanaannya, sedangkan pada tahun kedua dan ketiga pelaksanaannya berdampak positif terhadap Angka Partisipasi Murni. Kata kunci : Beasiswa Miskin dan Berprestasi, Angka Putus Sekolah, Angka Partisipasi Murni ABSTRACT This study aims to analyze the effectiveness and impact of the implementation of the Poor and Achievement Scholarship Program (BIDIK SIMISI) in the relation to Dropout Rate and Pure Participation Rate in Bali Province. To achieve these objectives the research is being conducted in SMKN I Denpasar. The primary data was collected by descriptive quantitative for the questionnaire , qualitative data (secondary) colleted by interview, observation, and documentation was analyzed by qualitative analysis. The results showed that ; 1) The level of effectiveness of the program in term of inputs, processes and outputs was relatively effective, 2) Implementation of the poor and achievement schlarship program did not negatively impact the school dropout rate, 3) Implementation and achievement scholarship program had a poor negative impact on net enrollment in Bali province the first year of implementation, while the second and third year had a positive impact on net enrollment. Keywords : Poor Scholarship and Achievement, Dropout Rate, Pure Participation Rate