Journal article

SIKAP DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN KESADARAN LINGKUNGAN DENGAN NIAT BELI PRODUK KOSMETIK RAMAH LINGKUNGAN

Nyoman dara Paramita Ni Nyoman Kerti Yasa

Volume : 17 Nomor : 2 Published : 2015, September

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sikap dalam memediasi hubungan kesadaran ling- kungan dengan niat beli produk kosmetik ramah lingkungan merek “The Body Shop” di Denpasar. Jumlah sampel 105 responden, diambil menggunakan teknik purposive sampling. Pengujian dilakukan mengguna- kan analisis SEM dan uji Sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, semakin tinggi kesadaran lingkungan, maka niat beli konsumen untuk membeli produk kosmetik ramah lingkungan merek “The Body Shop” se- makin meningkat. Namun sikap konsumen tidak mampu memediasi hubungan antara kesadaran lingkungan dengan niat beli produk kosmetik ramah lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya kesadaran lingkungan yang semakin tinggi tanpa adanya sikap positifpun sudah mampu meningkatkan niat beli konsu- men terhadap produk kosmetik ramah lingkungan merek “The Body Shop.” Kata kunci: Sikap, kesadaran lingkungan, niat beli Abstract The purpose of this study was to determine the role attitudes to mediate the relationship between environmental awareness with the purchase intention eco-friendly cosmetics “The Body Shop” in Denpasar. Samples taken were 105 respondent, used purposive sampling techniques. This study used SEM analysis and the Sobel Test. The results showed that, the higher the environmental awareness tent to increase purchase intention of consumers to buy eco-friendly cosmetics brand “The Body Shop.” However, consumer attitudes did not affect the relationship between environmental awareness with the intention to buy eco-friendly cosmetic products. This suggested that eventhough without any positive consumer attitude. The higher en- vironmental awareness could enhance the purchase intention towards eco-friendly cosmetic products “The Body Shop.” Keywords: Attitudes, environmental awareness, purchase intention