Journal article
Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja UKM Kerajinan Endek di Kabupaten Klungkung
Made Amilia Laksmi Putri Ni Nyoman Kerti Yasa I Gst. Ayu Kt. Giantari
Volume : 1 Nomor : 4 Published : 2018, September
Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia
Abstrak
Persaingan dalam bisnis membuat pengusaha dituntut untuk dapat mengerti dan memahami apa yang terjadi di pasar dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi produk pada UKM kerajinan endek, untuk menjelaskan pengaruh inovasi produk terhadap kinerja UKM, dan orientasi pasar terhadap kinerja UKM kerajinan endek, serta menjelaskan peran inovasi produk dalam memediasi hubungan orientasi pasar dengan kinerja UKM kerajinan endek di Kabupaten Klungkung. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM kerajinan endek di Kabupaten Klungkung yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali tahun 2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu hanya pada UKM kerajinan endek yang masih beroperasi saat sekarang, sebanyak 37 usaha sebagai unit analisis. Data dianalisis menggunakan teknik Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signfikan terhadap Inovasi Produk UKM kerajinan endek di Kabupaten Klungkung. Inovasi Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja UKM kerajinan endek, dan Orientasi Pasar juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UKM kerajinan endek di Kabupaten Klungkung. Inovasi Produk secara signifikan memediasi pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja UKM kerajinan endek di Kabupaten Klungkung.