Journal article
PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN
Ni Kadek Nusanti Putri Ni Nyoman Kerti Yasa
Volume : 12 Nomor : 2 Published : 2018, August
MatrikJurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi dengan inovasi produk. Penelitian ini berlokasi di Kota Denpasar melibatkan 30 responden yang bertindak sebagai pemilik atau manajer UMKM Pie Susu.Purposive sampling digunakan sebagai metode pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner.Analisis jalur (path analysis) dan uji Sobeladalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah terbukti inovasi produksebagai variabel mediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran.Simpulan dalam penelitian ini adalah UMKM Pie Susu di Kota Denpasar dapat menggunakan inovasi produk yang didasarkan pada orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran