Journal article

PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIKAP KONSUMEN PADA PERILAKU PEMBELIAN ULANG

Danghyang Reksa Maruto ANAK AGUNG GEDE AGUNG ARTHA KUSUMA Ni Nyoman Kerti Yasa

Volume : 4 Nomor : 8 Published : 2015, August

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika perilaku konsumen yang ditunjukkan pada perilaku pembelian ulang yang dipengaruhi oleh motivasi, persepsi kualitas, dan sikap dari konsumen. Objek dalam penelitian ini adalah sebuah usaha gerai makanan Mie Setan Kober Bali. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dimana gerai Mie Setan Kober Bali berada. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 105 responden menggunakan data cross- section. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling melalui kuesioner yang diberikan secara langsung. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan ketiga variabel bebas (motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen) berpengaruh signifikan pada perilaku pembelian ulang pada Mie Setan Kober Bali. Namun pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel sikap konsumen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian ulang.