Journal article

RUMUSAN STRATEGI BISNIS DAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMA SAPNA VILLA BERDASARKAN ANALISIS MATRIK IFAS-EFAS

Eugenia Sartini Mega Dewi Nyoman Candra Tri Wahyuni Holil Pujiyati Ni Nyoman Kerti Yasa I Gst. Ayu Kt. Giantari

Volume : 14 Nomor : 1 Published : 2024, October

JUIMA - Jurnal Ilmu Manajemen

Abstrak

Uma Sapna Villa Bali merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hospitality, memiliki 26 unit villa dengan 5 kategori yang berbeda. Konsumen perusahaan ini berasal dari wisatawan lokal dan mancanegara. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan ini yaitu menurunnya capaian tingkat hunian tamu pada tahun 2023, di mana tingkat hunian pada tahun 2022 mencapai 83.50% sedang pada tahun 2023 turun menjadi 76.78%. Uma Sapna Villa perlu melakukan identifikasi pada lingkungan perusahan baik secara internal maupun eksternal menggunakan analisis Matriks IE guna mengetahui posisi bisnis serta merumuskan strategi sebagai alternatif strategi bisnis dan implikasinya terhadap pemasarsan yang mampu menjadi bahan rekomendasi dalam pengambilan kebijakan di masa mendatang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode Delphi dengan teknik wawancara mendalam dipandu oleh kuesioner dan melakukan observasi terhadap dokumen pendukung seperti website perusahaan dan online travel agent. Responden dalam penelitian berjumlah 3 orang manager atas yang berbeda divisi di Uma Sapna Villa Bali. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan matriks IFAS-EFAS. Berdasarkan hasil analisis matriks IE untuk saat ini dan masa mendatang Uma Sapna Villa Bali berada di Kuandran I pada posisi Growth dengan konsentrasi melalui integrasi vertikal. Pada kondisi tersebut, strategi yang dapat digunakan adalah startegi integrasi ke belakang, strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Implikasi pada strategi pemasaran adalah melalui strategi e-WOM dan narasi merek yang menarik. Kata Kunci : Strategi Bisnis, Strategi Pemasaran, Lingkungan Internal- Eksternal