Journal article
PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC DI KOTA
Ni Luh Gede Kintan Pratiwi I Gst. Ayu Kt. Giantari I Wayan Santika
Volume : 13 Nomor : 11 Published : 2024, November
E Jurnal Manajemen Unud
Abstrak
Maraknya tren skincare di Indonesia menyebabkan munculnya brand-brand lokal dengan formula beragam yang telah disesuaikan dengan kondisi kulit orang Indonesia. Salah satu brand skincare lokal Indonesia adalah Somethinc yang berfokus pada produk perawatan kulit dan tata rias wajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui brand image pada produk Somethinc di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling kepada 100 responden di Kota Denpasar. Teknik analisis data dengan uji analisis jalur, uji asumsi klasik dan uji Sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; dan Brand image mampu memediasi secara parsial pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada distributor produk Somethinc di Kota Denpasar adalah meningkatkan jumlah dan kualitas ulasan positif terkait produk Somethinc, memperkuat identitas merek Somethinc di benak konsumen dan menjadi perantara antara konsumen dan produsen produk Semethinc dengan memberikan umpan balik tentang masalah pada produk serta layanan pelanggan untuk meningkatkan dan mempertahankan kepuasan konsumen. Kata kunci: Brand Image; Electronic word of mouth; Keputusan Pembelian