Journal article

PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INOVASI PRODUK TERHADAP BRAND LOYALTY STARBUCKS COFFEE DI DENPASAR

Almez Krisopras I Gst. Ayu Kt. Giantari

Volume : 5 Nomor : 4 Published : 2016, April

E Jurnal Manajemen Unud

Abstrak

ABSTRAK Strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, karena pemasaran merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh inovasi produk dan program Corporate Social Responsibility terhadap Brand Loyalty Starbucks Coffee. Lokasi Penelitian ini dilakukan di Starbucks Coffee di Jalan Teuku Umar Kota Denpasar, sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan pengukuran skala likert dengan 5 tingkatan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel inovasi produk dan corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty. Hasil ini menunjukkan jika inovasi produk dan corporate social responsibility yang dilakukan perusahaan meningkat maka akan meningkatkan pula brand loyalty di Starbucks Coffee Kota Denpasar. Kata kunci : Brand Loyalty, corporate social responsibility, inovasi produk dan strategi pemasaran.