Journal article

PENGARUH PRESTASI KERJA DAN KOMPETENSI KARYAWAN TERHADAP PROMOSI JABATAN PADA INNA SINDHU BEACH HOTEL SANUR,DENPASAR

Ida Ayu Gita Dwi Sasmita Ni Wayan Mujiati

Volume : 5 Nomor : 8 Published : 2016, August

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Pelaksanaan promosi jabatan yang dilakukan terlalu subjektif, dimana adanya ketidakadilan dalam mempromosikan karyawan bukan orang yang sesuai dengan ahlinya melainkan orang yang dekat dengan atasan.Hal ini menimbulkan rasa iri antar karyawan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prestasi kerja dan kompetensi karyawan terhadap promosi jabatan pada Inna Sindhu Beach Hotel.Penelitian ini dilakukan di Inna Sindhu Beach Hotel Sanur,Denpasar.Populasi dalam penelitian ini sebanyak 79 orang, terdiri dari 53 orang karyawan tetap dan 26 orang karyawan kontrak.Penelitian ini menggunakan Achievement Motivation Theory dari David C. McClelland dan metode sampling jenuh karena menggunakan seluruh karyawan tetap sebagai responden.Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda.Hasil uji F menunjukkan bahwa prestasi kerja dan kompetensi berpengaruh terhadap promosi jabatan adalah model yang layak.Hasil uji t menunjukan bahwa prestasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan karyawan sebesar 2,385.Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap promosi jabatan sebesar 2,254. Nilai signifikansi di bawah 0,05. Saran yang diberikan adalah sebaiknya karyawan dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan dan atasan memberikan kesempatan promosi jabatan pada karyawan yang memiliki loyalitas terhadap perusahaan, sedangkan hal yang perlu dipertahankan adalah kondisi ruang kerja yang dapat menimbulkan kenyamanan karyawan dalam bekerja. Kata kunci: prestasi kerja, kompetensi, promosi jabatan ABSTRACT The implementation of the promotion is done too subjective, where there's injustice in promoting employee is not the person who according to the experts, but people close to the boss.This gives rise to envy among employees. This study aims to determine the effect of work performance and competence of employees against promotion at Inna Sindhu Beach Hotel. This research was conducted at the Inna Sindhu Beach Hotel Sanur, Denpasar. The population in this study as many as 79 people, consisting of 53 permanent employees and 26 contract employees. This study uses the Achievement Motivation Theory of David C. McClelland and sampling method saturated becauseuses all permanent employees as respondents. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. F test results indicate that the performance and competence affect the promotion is the appropriate model. T test results showed that job performance and significant positive effect on the promotion of employees is 2,385. Competence positive and significant impact on the promotion of 2.254.Values of significance below 0.05. The advice that can be given is preferably employees can accomplish a task in accordance with the time limits set and tops provide opportunities for promotion to employees who have a loyalty to the company, while the things that need to be preserved is the condition of the workspace that can lead to comfort employees in the works. Keywords: performance, competency, promotion