Journal article

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN

Dea Putri Ayu Anak Agung Gede Suarjaya

Volume : 6 Nomor : 2 Published : 2017, February

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: (1) Pengaruh profitabilitas terhadap CSR. (2) Pengaruh profitabilitas dan CSR terhadap nilai perusahaan. (3) Pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan melalui CSR. Populasi yang diteliti yaitu perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 24 perusahaan dengan jumlah 120 pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode observasi non partisipan yang diambil dari data laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Profitabilitas terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap CSR. (2) Profitabilitas dan CSR terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) Profitabilitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan melalui CSR. Hasil tersebut menunjukkan bahwa CSR dapat memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: profitabilitas, corporate social responsibility, nilai perusahaan