Journal article

PENGARUH EKUITAS MEREK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GERAI STARBUCKS DI BALI

Ni Putu Evi Agustini I Gst. A. Kt. Gd. Suasana

Volume : 25 Nomor : 1 Published : 2020, February

Jurnal Buletin Studi Ekonomi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan pada konsumen Starbucks di Bali dengan sampel penelitian sebanyak 145 responden menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis ditemukan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil lain ditemukan bahwa secara simultan variabel ekuitas merek, harga dan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, Starbucks sudah mencapai tingkat ekuitas merek yang baik. Starbucks diharapkan dapat mempertahankan kualitas pelayanan terhadap konsumen sehingga dapat meningkatkan penjualan. Kata kunci: Ekuitas Merek; Harga; Kualitas Pelayanan; Keputusan Pembelian.