Journal article
KEBUTUHAN MENCARI VARIASI MEMODERASI PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SMARTPHONE SAMSUNG TERHADAP NIAT BERPINDAH MEREK DI DENPASAR
Rizki Rachmad Dwinanto I Gst. A. Kt. Gd. Suasana
Volume : 7 Nomor : 11 Published : 2018, November
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Pengguna smartphone kian berkembang pesat. Di Indonesia smartphone Samsung sudah sangat dikenal masyarakat. Penelitian ini bertujuan menjelasksan pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek, serta peran kebutuhan mencari variasi memoderasi pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek pada pengguna produk smartphone merek Samsung di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan menggunakan 140 responden yang merupakan pengguna produk smartphone merek Samsung, dan dilakukan di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa Moderated Regression Analysis. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kepuasan pelanggan berpengaruh negatif signifikan terhadap niat berpindah merek, serta kebutuhan mencari variasi mampu memperlemah pengaruh kepuasan pelanggan terhadap niat berpindah merek. Implikasi penelitian ini secara teoritis sebagai tambahan refrensi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan niat berpindah merek. Disisi lain implikasi praktis penelitian ini sebagai tambahan informasi bagi perusahaan Samsung agar selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan variasi dari konsumen. Kata kunci: kepuasaan pelanggan, kebutuhan mencari variasi, niat berpindah merek