Journal article
PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP UPAYA MEMBANGUN KEUNGGULAN DAYA SAING BERKELANJUTAN PADA HOTEL THE ROYAL PITAMAHA UBUD
Volume : 4 Nomor : 10 Published : 2015, October
E-Journal Manajemen Universitas Udayana
Abstrak
Perkembangan pariwisata di Bali sangat ketat seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan yang memanfaatkan jasa pelayanan perhotelan. Untuk menjaga kesinambungan bisnis diperlukan beberapa strategi pemasaran. Salah satu strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan adalah strategi produk diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh strategi diferensiasi yang dilakukan pada The Royal Pita Maha terhadap keunggulan daya saing dengan jumlah 100 responden serta menggunakan metode non probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh diferensiasi terhadap keunggulan daya saing berkelanjutan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk berpengaruh positif dan nyata terhadap daya saing berkelanjutan. Hasil kajian lain juga ditemukan diferensiasi pelayanan berpengaruh positif dan nyata terhadap daya saing berkelanjutan. Kata Kunci : diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan, diferensiasi citra, daya saing berkelanjutan