Journal article

PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAMAHA JUPITER MX DI KOTA DENPASAR

Yan Bayu Bramantya I Made Jatra

Volume : 5 Nomor : 3 Published : 2015, March

E-Jounal ManajemenUnud

Abstrak

Produsen sepeda motor bersaing ketat dalam memasarkan produknya, Salah satu cara yang dilakukan produsen Jupiter MX adalah dengan menggunakan “ Komenk” sebagai Celebrity Eendoser dan Brand Image. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara empiris pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. Penelitian ini meggunakan alat analisis regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sampel yang digunakan sebanyak 108 responden. Komenk sebagai celebrity endorser dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar, hasil pengujian nilai F (204,375) dan nilai signifikansi 0,000. Secara parsial Komenk sebagai Celebrity endorser lebih dominan mempengaruhi keputusan pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar dibandingkan dari brand image. Kata kunci: Celebrity Endorser, Brand Image, keputusan pembelian hitung Abstract Various motorcycle manufacturers competing to meet the needs of the market, carrying a variety of companies motorcycle trying to serve two-wheeler market by offering a wide range of product variants. Basic scientific work is to introduce the influence of Komenk as a celebrity endorser and brand image on purchasing decisions Yamaha Jupiter MX in Denpasar. The scientific work focuses on the study of Denpasar through data analysis technique multiple linear regression inclusion of samples obtained were 108 respondents using purposive sampling. Data to answer with the help of SPSS program proves celebrity endorser and the brand image simultaneously influence on purchasing decisions Yamaha Jupiter MX in Denpasar with a value of F (204.375) with sig (0,000). Celebrity endorser and the brand image of the partial significant positive effect on purchasing decisions Yamaha Jupiter MX in Denpasar. Keywords: Celebrity Endorser, Brand Image, purchasing decisions