Journal article

DAMPAK MODERASI PROFITABILITAS TERHADAP PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Agusta Amanda Wulandari1 I Wayan Ramantha Made Gede Wirakusuma

Volume : 5 Nomor : 7 Published : 2016, July

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstrak

Ketidakkonsistenan hasil penelitian mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan mengindikasikan adanya faktor lain yang turut mempengaruhi, sehingga mendorong peneliti untuk memasukkan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 37 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008-2012, dengan 174 pengamatan. Analisis statistik meliputi uji asumsi klasik dan uji kelayakan model dan untuk menguji pengaruh variabel pemoderasi dalam hipotesis penelitian ini menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan model regresi sudah memenuhi persyaratan uji asumsi klasik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif pada nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, 2) Profitabilitas sebagai variabel pemoderasi terbukti mampu memperkuat hubungan antara pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia