Journal article

PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI PRODUK HIJAU LOCCITANE DI DENPASAR

N. K. Mika Jan Purnama Dewi Kastawan Mandala

Volume : 7 Nomor : 9 Published : 2018, September

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Lingkungan yang semakin memburuk membuat konsumen lebih menuntut produk hijau, menyebabkan banyak perusahaan mengembangkan produknya menjadi produk hijau salah satunya pada produk kecantikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan peran sikap dalam memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap niat dalam membeli produk kecantikan hijau merek L’Occitane di Kota Denpasar. Kota Denpasar sebagai tempat penelitian dengan 90 responden menggunakan metode purposive sampling. Menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Teknik analisis jalur serta uji sobel yang digunakan di dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menemukan kesadaran lingkungan berpengaruh secara signifikan yang positif terhadap sikap. Kesadaran lingkungan berpengaruh signifikan yang positif terhadap niat beli. Sikap berpengaruh signifikan yang positif terhadap niat beli. Peran sikap mampu memediasi pengaruh kesadaran lingkungan terhadap niat beli produk kecantikan hijau merek L’Occitane di Kota Denpasar. Manajemen L’Occitane harus tetap konsisten dalam menjual produk kecantikan hijau dan diharapkan kemasan untuk seluruh produk lebih ramah terhadap lingkungan. Kata kunci: kesadaran lingkungan, sikap, niat beli