Journal article

PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE TERHADAP PERSEPSI RISIKO KONSUMEN

Ni Made Riska Dwi Cahyati Kastawan Mandala

Volume : 6 Nomor : 2 Published : 2017, February

E- Journal Manajemen Unud

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepercayaan dalam memediasi pengaruh kualitas website e-commerce terhadap persepsi risiko. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang yang dikumpulkan dengan metode non probability sampling berbentuk purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas website dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan dan negatif terhadap persepsi risiko. Kualitas website berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepercayaan konsumen. Kepercayaan secara signifikan memediasi hubungan antara kualitas website terhadap persepsi risiko. Pentingnya peran kepercayaan pada website e-commerce akan berdampak terhadap persepsi risiko konsumen pada website e-commerce. Kata Kunci: kualitas website, kepercayaan, persepsi risiko