Journal article

PENGARUH RETAIL MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA FOODMART PRIMO LIPPO MALL KUTA

Adam Hermawan Kastawan Mandala

Volume : 7 Nomor : 2 Published : 2018, February

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Strategi yang dapat digunakan pengusaha bisnis ritel dalam memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan strategi retail mix yang tepat. Unsur dari bauran ritel dapat dipadukan dan dikombinasikan sedemikian rupa sehingga dapat memuaskan dan mempertahankan pelanggan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh retail mix secara simultan dan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta. Subjek penelitian adalah adalah seluruh pelanggan Foodmart Primo Lippo Mall Kuta, dengan sampel sebanyak 115 orang. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling method, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa retail mix (harga, merchandise, promosi, pelayanan, lokasi toko, dan atmosfer gerai) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta. Hal ini memiliki makna bahwa semakin baik penerapan retail mix pada Foodmart Primo Lippo Mall Kuta maka semakin bertambah pula tingkat kepuasan pelanggan. Kata kunci : retail mix, kepuasan pelanggan, foodmart primo lippo mall kuta