Journal article
PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, PSIKOLOGIS, DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBAYA BORDIR PADA JEGEG AYU BOUTIQUE DI KUTA
Ketut Indah Pratiwi Kastawan Mandala
Volume : 4 Nomor : 11 Published : 2015, November
E-Jounal ManajemenUnud
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya, sosial, pribadi, psikologis, dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Penelitian ini dilakukan di Jegeg Ayu Boutique Kuta, sampel yang diambil sebanyak 108 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin, untuk mengukur 18 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor budaya berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Faktor sosial berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Faktor pribadi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Faktor psikologis berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Terakhir, Bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kebaya bordir pada Jegeg Ayu Boutique di Kuta. Kata kunci : budaya, sosial, pribadi, psikologis, bauran pemasaran, keputusan pembelian ABSTRACT The purpose of this study was to investigate the influence of cultural, social, personal, psychological, and marketing mix to the purchasing decision kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. This research was conducted in Jegeg Ayu Boutique Kuta, samples taken were 108 respondents with purposive sampling method. The collection of data by distributing questionnaires using 5-point Likert scale, to measure 18 indicators. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. These results indicate that the positive influence of cultural factors on purchasing decisions kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. Social factors positive influence on purchase decisions kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. Personal factor positive influence on purchase decisions kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. Psychological factors have positive influence on purchase decisions kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. Last, marketing mix positive influence on purchasing decisions kebaya embroidery on Jegeg Ayu Boutique in Kuta. Keywords : cultural, social , personal , psychological , marketing mix , purchasing decisions