Journal article

PENGARUH DEMOGRAFI DAN STIMULI INTERNAL TOKO TERHADAP EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING PADA 1,2 SUPERMARKET TIARA DEWATA

Sonny Wedha Baskara Kastawan Mandala

Volume : 5 Nomor : 3 Published : 2016, March

E-Jounal ManajemenUnud

Abstrak

Bali khususnya di kota Denpasar. Fenomena tersebut telah mengeser sedikit demi sedikit pasar tradisonal, persaingan saling berlomba untuk menarik konsumen berbelanja. Strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik konsumen yang seperti potongan harga, point belanja untuk menarik konsumen untuk datang melakukan Impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor demografi dan stimuli internal toko terhadap emosi positif dan impulse buying. Penelitian ini dilakukan di supermarket Tiara Dewata Kota Denpasar. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang, diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor demografi, stimuli internal toko, emosi positif memliki hubungan positif signifikan terhadap impulse buying, menujukan bahwa faktor-faktor tersebut dapat mendorong konsimen untuk melakukan kegiatan impulse buying. Kata kunci: faktor demografi, stimuli internal toko, emosi positif, impulse buying. ABSTRACT Bali, especially denpasar. Those phenomenon have replaced traditional market little by little, competition attracts consumer to shop more. Marketing strategy that applied to attract consumer like discount, the shopping point to draw consumer attention to do impulse buying. The purpose of this study was to examine demography factor and shop internal stimuli on positive emotion and impulse buying. This study was conducted on Tiara Dewata supermarket on Denpasar. 120 samples were taken by using purposive sampling method. The data collecting was done by using questionnaire and path analysis used to analyze the data. The result showed that demography factor, shop internal stimuli and positive emotion have positive and significant effect on impulse buying, indicated that those factors can encourage consumer to do impulse buying. Keywords: demography factor, shop internal stimuli, positive emotion, impulse buying