Journal article
PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS
A.A. Wela Yulia Putra Ida Bagus Badjra
Volume : 4 Nomor : 7 Published : 2015, July
E- Journal Manajemen Unud
Abstrak
Perusahaan dengan kinerja yang baik akan mampu mencapai tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan, yaitu memaksimumkan nilai perusahaan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Industri Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 12 perusahaan yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Hasil penelitian dengan analisis linier berganda menemukan bahwa leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. Kata kunci : leverage, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, profitabilitas ABSTRACT Companies with good performance will be able to achieve the goals to be achieved by the company, which is to maximize the value of the company. That goals can be achieved by increasing the profitability of the company. The purpose of this study was to determine the significance of the effect of leverage, sales growth and firm size to profitability. This research was conducted at the Food and Beverage Industry company in Indonesia Stock Exchange with a sample of 12 companies that obtained through purposive sampling method. The resulted of the study with multiple linear analysis found that leverage had a significant negative effect on profitability, while sales growth and firm size had no significant negative effect on profitability. Keywords : leverage, sales growth, size, profitability