Journal article

Pengaruh Profitabilitas dan Leverage pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi

Ni Made Laksmi Dewi I Dewa Gede Dharma Suputra

Volume : 28 Nomor : 1 Published : 2019, July

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas dan leverage pada nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel pemoderasi.Penelitian ini dilakukan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017.Jumlah sampel yang diambil sebanyak 14 perusahaan dengan jumlah amatan penelitian sebanyak 42 sampel dalam 3 tahun, melalui metode nonprobability dengan teknik purposive sampling.Teknik analisis penelitian ini menggunakan Moderate Regression Analysis (MRA).Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan pada nilai perusahaan.Leverage berpengaruh negatif tidak signifikan pada nilai perusahaan. Corporate Social Responsibilitymemperkuat pengaruh profitabilitas pada nilai perusahaan.Corporate Social Responsibilitymemperlemah pengaruh leverage pada nilai perusahaan. Kata kunci: Profitabilitas, leverage, corporate social responsibility, nilai perusahaan. ABSTRACT The purpose of this study was to find out and obtain empirical evidence about the effect of profitability and leverage on firm value with Corporate Social Responsibility as a moderating variable. This study was conducted at mining companies listed on the Stock Exchange in 2015-2017. The number of samples taken was 14 companies with a number of research observations were 42 samples in 3 years, through nonprobability methods with purposive sampling technique. The analysis technique of this study used the Moderate Regression Analysis (MRA). Based on the results of the analysis it was found that profitability had a significant positive effect on firm value. Leverage had no significant negative effect on firm value . Corporate Social Responsibility strengthens the influence of profitability on corporate value. Corporate Social Responsibility weakens the influence of leverage on firm value. Keywords: Profitability, leverage, corporate social responsibility, corporate value.