Journal article

Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektroni

Andhika Bayu Pratama I Dewa Gede Dharma Suputra

Volume : 27 Nomor : 2 Published : 2019, May

E Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini menggunakan metode survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa reguler sore angkatan 2015 yang berjumlah 493 orang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan insidental sampling, untuk memperoleh jumlah sampel minimum digunakan rumus Slovin. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan bahwa sampel berjumlah minimal 83 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, dan tingkat kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan pada minat mahasiswa reguler sore angkatan 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana untuk menggunakan uang elektronik. Kata Kunci: TAM, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggungaan, tingkat kepercayaan, minat, uang elektronik ABSTRACT This study uses a survey by distributing questionnaires. The population in this study were all students of the 2015 afternoon class which numbered 493 people. The sample in this study was determined using a nonprobability sampling technique with an incidental sampling approach. Based on the calculation using Slovin formula, the sample amounted to at least 83 people. This study uses multiple linear regression analysis techniques. Based on the results of the analysis it was found that percieved usefulness, percieved ease of use, and trust had a positive and significant effect on the interest of regular 2015 afternoon students of the Faculty of Economics and Business, Udayana University to use e-money. Keywords: TAM, perceived usefulness, perceived ease of use, trust, interest, e-money