Journal article

Penerapan Balanced Scorecard Pada Pengukuran Kinerja PT. Blue Bird Tbk.

Noviana Hermanus Djo Ida Bagus Dharmadiaksa

Volume : 26 Nomor : 3 Published : 2019, March

E-Journal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

Variabel dari penelitian ini adalah empat perspektif Balanced Scorecard yaitu perspektif keuangan yang bertolok ukur ROI, perencanaan perusahaan, pengawasan dan pengendalian perusahaan, perspektif pelanggan yang bertolok ukur keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati dan kasat mata, perspektif proses bisnis internal yang bertolok ukur inovasi, operasi dan pasca penjualan, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan bertolok ukur kepuasan kerja dan motivasi karyawan. Hasil dari keempat perspektif mengindikasikan bahwa kinerja PT. Blue Bird Tbk. ditinjau dari: (1) perspektif keuangan adalah kurang baik dengan ROI yang setiap tahun mengalami penurunan namun pengelolaannya baik, (2) perspektif pelanggan adalah baik dengan pelanggan merasa puas dengan keandalan, cepat tanggap, jaminan, empati, dan kasat mata, (3) perspektif proses bisnis internal adalah baik dengan adanya inovasi, operasi dan pasca penjualan yang baik, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah baik dengan adanya kepuasan dan motivasi karyawan. Kata kunci: Balanced scorecard, pengukuran kinerja, perspektif keuangan, perspektif pelanggan