Journal article

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Ida Bagus Gde Indra Wedhana Purba I Putu Yadnya

Volume : 4 Nomor : 8 Published : 2015, August

E-Jounal ManajemenUnud

Abstrak

Industri mesti menjaga keselarasan hubungannya dengan masyarakat dengan memperhatikan tanggung jawab sosial (CSR) yang sangat penting bagi kelancaran aktivitas perusahaan. CSR dimaksudkan agar dunia usaha mampu mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan perusahaan terhadap aspek sosial dan lingkungan. Penelitian mengenai CSR sudah pernah diteliti dan menunjukkan perbedaan hasil. Observasi ini menguji CSR dan profitabilitas yang dipengaruhi oleh variabel ukuran perusahaan dan leverage pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan contoh yang dilakukan yaitu metode nonprobability sampling juga teknik teknik purposive. Berdasarkan kriteria-kriteria tersebut diperoleh sampel sebanyak 66 perusahaan. Metode pengambilan data dalam observasi ini adalah metode observasi non participant. observasi ini menggunakan analisis jalur dengan hasil ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh positif terhadap profitabilitas, ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap leverage, dan ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap CSR. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage ABSTRACT Industry must maintain alignment relation to society by taking into account social responsibility (CSR) which is very important for the company's activities. CSR is intended that the business is able to reduce the negative impact of the company on social and environmental aspects. Research on CSR has been investigated and showed differences in the results. This observation test CSR and profitability are affected by the variable size of the company and leverage the manufacturing company in Indonesia Stock Exchange. Method of sampling is done the method nonprobability purposive sampling techniques also. Based on these criteria obtained a sample of 66 companies. Methods of data collection in this observation is non participant observation method. This observation using path analysis with the results of firm size and leverage positive effect on profitability, size of firm positive effect on leverage, and firm size, leverage, and profitability positive effect on CSR. .Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), firm size, profitability, leverage