Journal article

PENGARUH STRUKTUR MODAL, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN FOOD AND BAVERAGE DI BURSA EFEK INDONESIA

Ni Luh Putu Widyantari I Putu Yadnya

Volume : 6 Nomor : 12 Published : 2017, December

E-Journal Manajemen Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian ini menggunakan variabel struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Pemilihan keempat variabel karena terdapat perbedaan pada penelitian terdahulu atau biasa disebut dengan research gap. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan food and beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Populasi dalam penelitian ini menggunakan perusahaan sektor food and beverage sejumlah 16 perusahaan, dengan jumlah sampel 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dalam pengolahan data dimana teknik ini digunakan untuk mengestimasi nilai variabel dependen dengan menggunakan lebih dari satu variabel independen. Hasil analisis menemukan hasil bahwa (1) struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan