Journal article

Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan Pada Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi

Tebuana Agung Putra1 Ketut Muliartha RM

Volume : 26 Nomor : 3 Published : 2019, March

e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh bukti secara empiris mengenai pengaruh pertumbuhan perusahaan pada nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi yang dilakukan di perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di BEI. Sampel ditentukan melalui metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah pegamatan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 data amatan selama periode pengamatan 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan dan pengungkapan CSR tidak berpengaruh pada nilai perusahaan. Sedangkan pengungkpan CSR mampu memoderasi (memperkuat) pengaruh pertumbuhan perusahaan pada nilai perusahaan. Kata kunci: pertumbuhan perusahaan, nilai perusahaan, pengungkapan CSR ABSTRACT This study focussed to obtain empirical evidence of the effect of company growth on corporate value by disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) in manufacturing companies especially in the consumer goods sector that listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This research was conducted at the consumer goods manufacturing company listed on the IDX. The sample is determined through non probability sampling method with purposive sampling technique. The number of observations obtained in this study is 60 data during the 2015-2017 observation period. The data analysis technique used is Moderated Regression Analysis (MRA). The results of this study indicate that company growth and CSR disclosure have no effect on firm value. Whereas the disclosure of CSR is able to moderate (strengthen) the influence of company growth on the value of the company. Keywords: Firm value, company growth, CSR disclosure