Journal article

PENGARUH VARIASI PRODUK, PEMBINAAN USAHA,DAN PERSAINGAN USAHA, TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA KOPERASI

Kadek Ayu Suryaningsih I Nengah Kartika

Volume : 8 Nomor : 8 Published : 2019, August

E jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstrak

PENGARUH VARIASI PRODUK, PEMBINAAN USAHA,DAN PERSAINGAN USAHA, TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA KOPERASI Kadek Ayu Suryaningsih1 I Nengah Kartika2 1,2Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia e-mail: ayusuryaningsih20@yahoo.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh variasi produk, pembinaan usaha, dan persaingan usaha terhadap partispasi anggota koperasi di Kabupaten Jembrana, pengaruh variasi produk, pembinaan usaha, persaingan usaha dan partisipasi anggota terhadap keberlangsungan usaha koperasi di Kabupaten Jembrana, pengaruh variasi produk, pembinaan usaha, dan persaingan usaha terhadap keberlangsungan usaha Koperasi melalui partisipasi anggota di Kabupaten Jembrana. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mempelajari beberapa uraian dari buku, artikel, skripsi dan jurnal serta melalui intansi yang terkait. Kemudian data diolah dengan teknik analisis faktor dan analisis jalur. Hasil uji dengan SPSS memperoleh hasil variasi produk, pembinaan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi anggota dan keberlangsungan usaha, persaingan usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap partisipasi anggota dan keberlangsungan usaha, dan partisipasi anggota berpengaruh positif terhadap keberlangsungan usaha. Katakunci:product variation, business development, business competition, member participation on business continuity ABSTRACT The purpose of this study was to analyze the effect of product variation, business coaching, and business competition on the participation of cooperative members in Jembrana Regency, the influence of product variations, business development, business competition and member participation on cooperative business continuity in Jembrana Regency, the influence of product variations, business development , and business competition on the business continuity of Cooperatives through the participation of members in Jembrana Regency. The data used in this study are primary data. Data collection is done by interviews and questionnaires. The method of data collection is done by studying several descriptions of books, articles, theses and journals as well as through relevant institutions. Then the data is processed by factor analysis and path analysis. The SPSS test results obtained product variations, business coaching has a positive and significant effect on member participation and business continuity, business competition does not have a significant effect on member participation and business continuity, and member participation has a positive effect on business continuity. Keywords: product variation, business development, business competition, member participation on business continuity