Journal article
EFEKTIVITAS RELOKASI PASAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG PASAR BADUNG
Ni Made Dian Utari I Ketut Sudiana
Volume : 6 Nomor : 7 Published : 2017, July
e-journal ekonomi pembangunan universitas udayana
Abstrak
Pasar Badung adalah salah satu pasar tradisional di Kota Denpasar yang memiliki jumlah pedagang terbanyak. Pasar Badung telah mengalami musibah kebakaran bulan Pebruari 2016 lalu. Pemerintah melakukan kebijakan relokasi atau perpindahan lokasi pasar ke Eks Supermarket Tiara Grosir Br. Balun Denpasar.Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) efektivitas relokasi pasar Badung yang dilihat dari indikator input, proses dan output, 2) untuk mengetahui pendapatan pedagang pasar Badung sesudah dan sebelum terjadinya relokasi pasar, 3) untuk mengetahui pendapatan pedagang pasar Badung sesudah terjadinya relokasi pasar.Penelitian ini dilakukan di Eks Supermarket Tiara Grosir. Sampel penelitian ini berjumlah 93 responden. Metode yang digunakan pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara terstruktur, dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif guna melihat kecenderungan persepsi responden dan uji statistik inferensia yaitu uji beda dan uji wilcoxon.Berdasarkan hasil analisis diperoleh terjadi tingkat keberhasilan relokasi Pasar Badung dilihat dari variabel input, variabel proses, dan variabel output di Supermarket Eks Tiara Grosir tergolong cukup efektif. Pendapatan pedagang pasar menurun setelah relokasi pasar dilakukan. Dari hasil yang diperoleh, diharapkan untuk mempercepat penyelesaian Pasar Badung agar para pedagang yang mengalami relokasi pasar dapat segera menempati kembali Pasar Badung dan pendapatan pedagang pasar Badung kembali normal. Kata Kunci: efektivitas, relokasi, pendapatan