Journal article
PERAN PERCEIVED VALUE MEMEDIASI HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN
Yenna Kurnia Suseno 1 I Ketut Rahyuda
Volume : 8 Nomor : 4 Published : 2019, April
E-jurnal Manajemen Unud
Abstrak
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan terhadap perceived value dan kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron, untuk menjelaskan pengaruh perceived value terhadap kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron, dan untuk menjelaskan peran perceived value memediasi hubungan kualitas pelayanan dengan kepercayaan konsumen pada Hotel Puri Saron. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah menginap di Hotel Puri Saron. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yang terdiri dari Wisatawan mancanegara yang berusia minimal berusia 20 tahun dan sudah pernah menginap di Hotel Puri saron minimal satu kali, dengan ukuran sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analsis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap perceived value di Puri Saron Hotel, 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepercayaan konsumen di Puri Saron Hotel, 3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayan konsumen di Puri Saron Hotel, dan 4) Perceived value secara positif dan signifikan memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap keopercayaa konsumen. Kata kunci: kualitas pelayanan, perceived value, kepercayaan konsumen ABSTRACT The purpose of this study was to explain the effect of service quality on consumer perceived value and trust in Puri Saron Hotel, to explain the effect of perceived value on consumer trust in Puri Saron Hotel, and to explain the role of perceived value mediating the relationship of service quality with consumer trust in Puri Saron Hotel. The sample determination technique in this study uses purposive sampling technique, which is a sample determination technique with certain considerations consisting of foreign tourists who are at least 20 years old and have stayed at Puri Saron Hotel at least once, with a sample size of 100 respondents. The analysis technique used in this study is by using path analysis techniques. Based on the results of the study showed that: 1) Service quality has a positive and significant effect on perceived value at Puri Saron Hotel, 2) Service quality has a positive and significant effect on consumer confidence in Puri Saron Hotel, 3) Perceived value has a positive and significant effect on consumer confidence in Puri Saron Hotel, and 4) Perceived value positively and significantly mediates the influence of service quality on consumer trust. Keywords: service quality, perceived value, consumer trust