Journal article

Model Perencanaaan Produksi untuk Memenuhi Permintaan Pasar dan Pengendalian Persediaan Produk Jadi pada Perusahaan Minuman Ringan

Ni Made Darmayanti I WAYAN WIDIA IDA BAGUS PUTU GUNADNYA

Volume : 4 Nomor : 2 Published : 2016, September

BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian)

Abstrak

Perencanaan produksi merupakan faktor penentu utama keberhasilan dalam memenuhi permintaan yang bersifat dinamis dan sekaligus menciptakan persedian produk yang terkendali. Penelitian ini mengembangkan model perencanaan produksi yang memasukkan variabel special event kedalam model. Hasil penelitian menunjukkan setiap variam produk yang dihasilkan PT. Coca Cola memiliki karakteristik special event yang berbeda-beda. hal ini berimplikasi bahwa model perencanaan produksi yang digunakan untuk meramalkan permintaan harus bersifat spesisifik produk. Model perencaan produksi yang terbaik untuk produk Cocacola 200 ml adalah model peramalan expenetial somooting event based (ESEB) dengan alpha = 0,3, sedangkan untuk produk Sprite 295 ml adalah model peramalan ESEB dengan alpha = 0,1