Journal article

Pengaruh komunikasi internal terhadap produktivitas kerja karyawan di hotel le meridien bali jimbaran

I Ketut Andry Agustya Pramana NI PUTU RATNA SARI IRMA RAHYUDA

Volume : 2 Nomor : 3 Published : 2018, November

Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas

Abstrak

Penelitian ini berlokasi di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran yang didasari oleh adanya miskomunikasi yang terjadi di antara karyawan yang dapat menghambat produktivitas kerja karyawan hotel Le Meriden Bali Jimbaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan komunikasi internal dan untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal terhadap produktivitas kerja karyawan di hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 85 responden yang merupakan karyawan di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Penelitian ini berlokasi di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan kepada 85 responden yang merupakan karyawan di Hotel Le Meridien Bali Jimbaran. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dan analisis datanya menggunakan statistik inferensial meliputi analisis uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi, analisis regresi linear sederhana, analisis determinasi dan uji t. Pelaksanaan komunikasi internal ditunjukkan melalui kegiatan operasional harian yang membutuhkan koordinasi antar karyawan maupun antardepartemen yang melibatkan karyawan tingkatan level tertinggi, setara, maupun terendah untuk memberikan pelayanan yang prima dengan melalui media seperti whatsapp, handy talky, email, notice board maupun secara tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari komunikasi internal terhadap produktivitas kerja karyawan. Sebesar 38% produktivitas kerja karyawan dapat dijelaskan oleh indikator-indikator variabel komunikasi internal sedangkan sisanya sebesar 62% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Saran yang dapat diberikan untuk Hotel Le Meridien Bali Jimbaran yaitu mengedepankan komunikasi dua arah, selalu terbuka dalam mengambil keputusan bagi karyawan dan manejemen terutama atasan agar dapat menjaga perilakunya karena menjadi pedoman bagi karyawan tingkat bawah.