Journal article
Karakteristik, motivasi, dan persepsi wisatawan mancanegara terhadap Jasa pelayanan Shuttle bus di daerah Ubud, Gianyar
I Putu Putrawan NI MADE SOFIA WIJAYA Luh Gede Leli Kusuma Dewi
Volume : 0 Nomor : 2 Published : 2015, December
OJS Unud
Abstrak
Saat ini sektor pariwisata di Ubud mengalami perkembangan dengan meningkatnya jumlah wisatawan (384.835 orang) yang menggunakan jasa pelayanan shuttle bus dari tahun 2011 sampai tahun 2015 pada perusahaan transportasi di Ubud. Shuttle bus merupakan transportasi publik yang melayani wisatawan dengan sistem sharing pick up dalam melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Kemacetan di daerah pariwisata Ubud membuat wisatawan lebih cenderung memilih menggunakan pelayanan shuttle bus ke tempat tujuan wisata, maka ingin diketahui bagaimana karakteristik, motivasi dan persepsi wisatawan mancanegara terhadap jasa pelayanan shuttle bus di Ubud yang hasilnya diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan transportasi di Ubud khususnya dalam hal pelayanan kepada wisatawan mancanegara. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan data kualitatif dan data kuantitaif, menggunakan data primer dan data sekunder, penentuan informan digunakan teknik purposive sampling untuk teknik pengambilan sampel secara accidental sampling melalui penyebaran 100 kuesioner kepada wisatawan mancanegara yang menggunakan pelayanan shuttle bus dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan skala likert. Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner diketahui bahwa karakteristik wisatawan mancanegara terhadap jasa pelayanan shuttle bus pada perusahaan shuttle bus di Ubud : bertujuan rekreasi berjumlah 87 orang (87%), jenis kelamin perempuan berjumlah 55 orang (55%), berusia 16 - - 30 tahun berjumlah 68 orang (68%), belum menikah berjumlah 63 orang (63%), pendidikan Universitas berjumlah 58 orang (58%), berprofesi pegawai swasta berjumlah 43 orang (43%), berasal dari negara Jerman berjumlah 28 orang (28%), pendapatan rata-rata ? $500 berjumlah 64 orang (64%) dan sumber informasi agen berjumlah 55 orang (55%). Mempunyai motivasi terhadap harga murah daripull factor motivasi berjumlah 55 orang (55%) dan persepsi wisatawan mancanegara terhadap jasa pelayanan shuttle bus adalah baik dengan jumlah total skor 4.598 dan rata-rata skor 45,98%. Wisatawan mancanegara menggunakan jasa pelayanan shuttle bus di Ubud mayoritas wisatawan Eropa (28%), mempunyai motivasi terhadap harga murah (55%) dan mendapat persepsi pelayanan yang baik (45,98%) dari perusahaan transportasi di Ubud. Untuk saran perlu penerapan SOP (Standar Operasional Prosedur) bagi sopir shuttle bus agar lebih mengoptimalkan pelayanan yang efektif kepada wisatawan. Kata Kunci : Karakteristik, Motivasi, Persepsi, Pelayanan.