Journal article

PERSEPSI PENGGUNA INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI GEDUNG SENTRA TENUN JEMBRANA

Ni Made Cantika Jesy Parsadela I WAYAN SUARDANA NI GUSTI AYU SUSRAMI DEWI

Volume : 12 Nomor : 2 Published : 2024, December

Jurnal IPTA

Abstrak

Selama hampir dua tahun dibukannya Gedung Sentra Tenun Jembrana, pengelola merasakan kunjungan tidak menentu setiap harinya dan jumlah followers Instagram tidak banyak peningkatan. Hal ini perlu mengevaluasi strategi promosi yang diterapkan dan segera memperbaiki kelemahannya. Evaluasi menggunakan acuan model AIDA untuk mengukur efektivitas media sosial Instagram sebagai media promosi. Teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dan informan metode purposive. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 85 responden. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis skor rata-rata, uji validitas, uji reliabilitas, standar deviasi, dan tabulasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik pengunjung berdasarkan aspek geografis didominasi dari kewarganegaraan Indonesia,; aspek demografis didominasi usia 21-30 tahun, jenis kelamin laki-laki, pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa, tingkat pendidikan S1, dan status belum menikah; aspek psikografis, sumber informasi responden direkomendasikan dari teman/kerabat, penggunaan Instagram selama 2-3 jam sehari dan followers baru yang mengikuti >1 bulan, melihat tampilan postingan Instagram satu kali seminggu, tujuan berkunjung yakni mengisi waktu luang. Hasil persepsi pengunjung pada media sosial Instagram sebagai media promosi berada pada kategori “Efektif” dengan rentang skala 4,04 – 4,24, dan rata-rata keseluruhan 4,14. Dapat disimpulkan bahwa penggunaa media sosial Instagram sebagai media promosi adalah efektif dan diharapkan pengelolaan Instagram kedepannya bisa lebih baik. Keywords: perception, instagram, promotion, aida