Journal article

STRATEGI PEMASARAN PANTAI DREAM ISLAND DI MERTASARI DESA INTARAN SANUR KAUH KOTA DENPASAR Laura Therecia Samosir, I Gusti Agung Oka Mahagangga

Laura Therecia Samosir I GUSTI AGUNG OKA MAHAGANGGA

Volume : 8 Nomor : 2 Published : 2020, December

JURNAL DESTINASI PARIWISATA

Abstrak

Tourism in Indonesia has recently grown rapidly in one of them in the city of Bali. Bali has a very beautiful natural potential, one of the natural potentials developed is coastal tourism. Dream Island Mertasari Sanur Beach is one of the beaches that is still new but has a lot of potentials. Therefore, this study was conducted to determine the existing conditions and marketing strategies that exist on Dream Island the Mertasari Beach Sanur Kauh City of Denpasar.The method used in this study is a qualitative descriptive method with data sources in the form of primary data and secondary data. The primary data in this study are data sourced from direct observation to the location of the study and by interviewing informants. While secondary data in this study are data obtained from documentation and literature to complete the primary data. The technique of determining the informants used was purposive sampling.The results showed that the existing conditions on Dream Island Beach based on Concept 4a were still lacking. The condition of the attraction is very good but for access and facilities still, have some disadvantages that need to be improved in the future. The reality that is on Dream Island Beach only consists of private parties and village institutions. The marketing strategy at Dream Island Beach has not been optimal due to several problems such as business license constraints and lack of cooperation with promotional media.Keywords: Marketing Strategic, attraction, Dream Island BeachI.PENDAHULUANPariwisata Indonesia belakangan ini sedang mengalami tahap pengembangan yang cukup signifikan. Pengembangan pariwisata dilakukan agar terjadi pemerataan pendapatan daerah. Sesuai dengan UU No 10 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa dengan adanya daya tarik wisata pada suatu daerah akan memberikan keuntungan antara lain: meningkatkan pendapatan asli daerah, meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal, dan memberikan lapangan kerja bagi pengangguran, serta dapat ikut serta dalam melestarikanalam dan budaya.Indonesia memiliki potensi alam yang indah dan beragam. Terdiri dari banyak pulau yaitusekitar 17.000 pulau yangada di Indonesia.Oleh karena itu banyak tempat wisata yang dikembangkan di pulau –pulau Indonesia salah satu pulau yang sangat berkembang adalahPulau Bali. Pulau Bali merupakan pulau yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Banyak wisatawan yang melakukan perjalanan wisata ke Bali. Pulau yang dijuluki sebagai pulau dewata ini menyimpan banyak keindahan alam seperti pantai, gunung, danau, dan atraksi budaya yang sudah terkenal sejak seratus tahun lalu (Anom, dkk, 2017).Masyarakat lokal Bali sudah sangatdekat dengan kegiatan pariwisata. Pekerjaan di sektor pariwisata seperti guide, menyediakan homestay, bekerja di tour and travel, dan jasa pariwisata lainnya sudah menjadi hal umum di Bali. Pariwisata berperan penting dalam meningkatkan taraf hidup dan sebagai sumber mata pencaharian (Elsha,2017)Daya tarik wisata yang ada di Bali ada beragam. Salah satu yang paling diminatiwisatawan adalahkeindahanpantai. Ada berbagai macam kawasan pantai di Bali yaitu seperti di daerah Kuta, Jimbaran, Seminyak, Legian, dan Sanur. Pantai di Bali terkenal dengan keindahan panorama alamnya (sunsetmaupun sunrise). Salah satu pantai yang terkenaldi Bali adalah pantai Sanur. Pantai Sanur dikenal di dunia internasional oleh seorang pelukis yang berasal dari Belgia bernama A. J. Le Mayeur yang datang ke Bali pada tahun 1932.Kawasan Sanur terdiri dari beberapa pantai yang berdekatan seperti, pantai Matahari Terbit, Pantai Segara Ayu, Pantai Bali Beach, Pantai Semawang, Pantai Shindu, dan Pantai Karan. Namun terdapat sebuah pantai yang