Journal article

STRATEGI PENGEMBANGAN TRANSPORTASI WISATA KURA-KURA BUS DI BALI

Ayu Kusuma I GUSTI PUTU BAGUS SASRAWAN MANANDA I PUTU SUDANA

Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2017, December

Jurnal IPTA

Abstrak

Abstract: Kura-Kura Bus is one of tourist transportation companies in Bali with public shuttle bus service in tourism route. Data analysis in this research were using SWOT and AHP analysis, with participants who have position minimal as a supervisor. Participants selected based on their expertise and relevance with this article. Based on the results of SWOT and AHP analysis to develop tourist transportation is Kura-Kura Bus, which is considered the most realistic scenario is an optimistic scenario, with the goal to be a safe and comfortable transportation. To achieve the goal, based on priority strategies that could be done by management of Kura-Kura Bus are developing unique products, finding new markets, favoring public transport services, enchance brand reputation, developing smartphone application, and cross promotion with supplier. Abstrak: Kura-Kura Bus yang merupakan salah satu perusahaan transportasi wisata di Bali dengan layanan public shuttle bus yang memiliki rute pariwisata. Analisis data dalam artikel ini menggunakan analisis SWOT dan analisis AHP dengan responden yaitu karyawan yang memiliki jabatan minimal supervisor. Rensponden dipilih berdasarkan keahlian dan keterkaitan responden dengan permasalahan yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis SWOT dan AHP didapat bahwa untuk mengembangkan transportasi wisata Kura-Kura Bus, skenario yang dianggap paling realistis adalah skenario optimis, dengan sasaran yang harus diprioritaskan menjadi transportasi wisata yang aman dan nyaman. Untuk mencapai sasaran tersebut, maka urutan prioritas strategi yang bisa dilakukan oleh pengelola Kura-Kura Bus adalah mengembangkan keunikan produk, mencari pasar baru, mengunggulkan layanan angkutan umum, meningkatkan reputasi merek, mengembangkan aplikasi smartphone, dan promosi silang dengan pemasok. Keywords: strategy development; tourist transportation; kura-kura bus.