Journal article

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN ENDEK BALI SEBAGAI INDUSTRI PARIWISATA KREATIF (STUDI KASUS DENPASAR)

Deannisa Hakika Putri I WAYAN SUARDANA I GUSTI PUTU BAGUS SASRAWAN MANANDA

Volume : 3 Nomor : 2 Published : 2015, December

Jurnal IPTA

Abstrak

Sebagai daerah tujuan wisata dengan jumlah kunjungan wisatawan terbanyak nomor dua di Indonesia, Bali perlu menyediakan fasilitas pariwisata yang baik. Begitu juga dalam hal cinderamata. Cinderamata memiliki nilai emosi yang tinggi karena cinderamata dapat memberikan kenangan bagi wisatawan yang membuat wisatawan ingin mengunjungi kembali daerah tujuan wisata tersebut. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan bahwa industri kreatif dapat berkontribusi untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (DBP) nasional yang diperoleh dari nilai tambah yang dihasilkan oleh 14 industri kreatif, salah satunya adalah industri kerajinan. Karena itulah perlu dilakukan penelitian tentang strategi pemasaran untuk industri kreatif Kain Endek Bali sebagai cinderamata khas Bali dengan fokus Kota Denpasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang dianalisis dengan bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi, dan distribusi. Kemudian dipadukan dengan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan adalah; SO mempertahankan kualitas produk dan aktif mengikuti pameran-pameran, ST meningkatkan mutu produk dan tetap menggunakan sistem distribusi langsung, WO memperbaiki ruang produksi dan WT membuka cabang di daerah lain. Saran yang dapat diberikan adalah bekerjasama dengan agen perjalanan, pemerintah agar konsisten dalam mendukung kelestarian Kain Endek Bali, mempertahankan kualitas produk, dan mengemas hasil produksi dengan lebih menarik.