Journal article
STRATEGI BAURAN PEMASARAN OCTOPUS DIVE PENIDA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
Ni Wayan Ayu Sekarningsih I NYOMAN SUDIARTA I PUTU SUDANA
Volume : 8 Nomor : 2 Published : 2020, December
Jurnal IPTA
Abstrak
Abstract: Octopus Dive Penida is one of the first local dive centers in Nusa Penida that provides international diving facilities (PADI, ADSI, SSI) with professional instructors. This study discusses the marketing strategy adopted by Octopus Dive. The sample of this research is tourists who have visited and used the services of diving/snorkeling in Octopus Dive Penida. The sample selection technique used purposive sampling with 168 respondents. The technique of collecting data is done in several ways, discussing, observing, interviewing, questionnaires, documentation, and literature study. The data analysis technique was done by quantitative descriptive analysis and SWOT analysis. Resulting in a marketing SWOT strategy from variable marketing mix 7 P that is, SO (Strengths – Opportunities) strategy is doing Brand Positioning as a quality dive operator, doing good relations with the community and improving the quality of Human Resources. WO (Weakness -Opportunities) strategy is to expand business / office locations, educate tourists, re-conduct price analysis and participate in international and national events. ST (Strenghts -Threats) strategy is to innovate services / services for tourists, create dive tourism package programs that don't exist in other dive operators. WT (Weakness -Threats) strategy is to conduct a site analysis to complement offices and innovations in market price adjustments. Abstrak: Octopus Dive Penida merupakan salah satu dive centerlokal pertama yang ada di Nusa Penida yang menyediakan fasilitas dive bertaraf International (PADI, ADSI, SSI) dengan instruktur yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Octopus dive Penida dalam meningkatkan kunjungan wisatawan dan untuk mengetahui kendala yang dialami dalam melakukan proses pemasaran. Sampel dari penelitan ini adalah wisatawan yang pernah mengunjungi dan menggunakan jasa dive maupun/snorkeling di Octopus dive penida. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan 168 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya, obesrvasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan analisisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif dan analisis SWOT dari variabel bauran pemasaran (marketing mix) 7P, menghasilkan strategi pemasaran yaitu strategi SO (Strengths – Opportunities) yaitu Melakukan Brand Positioning sebagai operator dive yang berkualitas, menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat dan mengoptimalkan kualitas Sumber Daya Manusia. Strategi WO (Weakness -Opportunities) yaitu Memperluas lokasi usaha/office, edukasi kepada wisatawan, melakukan kembali analisis harga dan Mengikuti event bertaraf international maupun national. Strategi ST (Strenghts -Threats) yaitu Melakukan inovasi pelayanan / service kepada wisatawan, membuat program paket wisata dive yang bebeda yang tidak ada di operator dive lain. Strategi WT (Weakness -Threats) yaitu melakukan analisis lokasi untuk memperluas office dan Inovasi terhadap harga menyesuaikan kondisi pasar. Keywords: marketing mix strategy, octopus dive Penida.