Journal article

Pengembangan Unit Usaha IbKIK-Informasi Geospasial Melalui Jasa Pelatihan dan Pekerjaan Informasi geospasial

TATI BUDI KUSMIYARTI R. SUYARTO I KETUT SARDIANA Putu Perdana Kusuma Wiguna

Volume : 18 Nomor : 1 Published : 2019, January

Buletin Udayana Mengabdi

Abstrak

Pengembangan jiwa entrepreneurship di kalangan sivitas akademika saat ini menjadi penting untuk memacu kemampuan berwirausaha memanfaatkan hasil inovasi intelektual kampus. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi factor internal dan eksternal sebagai acuan pemilihan strategi untuk mengembangkan unit usaha inivasi intelektual kampus IbKIK-Informasi Geospasial di Universitas Udayana. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis SWOT dan matrik EFI dan EFE. Kedua analisis akan focus untuk menetapkan strategi pengembangan unit usaha IbKIK-Informasi Geospasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit usaha IbKIK-Informasi Geospasial Universitas Udayana berada pada posisi sel 4, yang diperoleh dari nilai EFI sebesar 3,01 yang menunjukkan posisi unit usaha kuat, sedangkan nilai EFE 2,44 yang berarti posisi eksternalnya sedang. Dengan demikian strategi yang harus diterapkan adalah strategi stability dan berhati-hati terhadap faktor internal maupun eksternal.