Journal article
Rancang Bangun Penilaian Keaktifan Menggunakan Teknik Text Similarity pada Sistem Tutorial Matematika Diskret
I Gede Santi Astawa Luh Putu Ida Harini putri cahyaning
Volume : 5 Nomor : 2 Published : 2015, December
JURNAL MATEMATIKA - Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Udayana
Abstrak
Fasilitas penilaian keaktifan mahasiswa dalam sistem tutorial adptif menjadi salah satu fasilitas penunjang yang diharapkan. Keaktifan siswa dalam kegiatan belajar tidak lain adalah untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Mereka aktif membangun pemahaman atas persoalan atau segala sesuatu yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Karena sifatnya yang terkonstruksi dari dalam diri, menyebabkan keaktifan ini sulit dinilai tanpa harus melakukan tatap muka, apalagi kecenderungan siswa untuk diam dan menyembunyikan ketidakpahaman mereka akan materi menyebabkan semakin sulit menilai keaktifan siswa. Pada penelitian ini penulis merancang sebuah fitur tambahan pada sistem tutorial matematika diskret yang telah dibangun, berupa forum diskusi online untuk membantu pengajar dalam pemberian nilai keaktifan (dilihat dari kecocokan komentar siswa dan kunci jawaban). Dalam fitur ini, metode yang digunakan adalah metode pengukuran kemiripan (text similarity) Rabin Karp dengan tujuan mencegah adanya jawaban yang tidak diinginkan guru dengan membandingkan mana jawaban yang sesuai dan mana yang tidak sesuai dan untuk mengetahui kesamaan komentar siswa lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa forum diskusi ini telah mampu meningkatkan minat mahasiswa dalam memberikan komentar, dimana dari tiga materi yang diberikan rata-rata setiap mahasiswa memberikan 2,2 komentar. Namun dalam hal penilaian kecocokan komentar, algoritma rabin karp yang digunakan masih dirasa kurang baik apabila sebuah komentar terdiri dari kata-kata yang mengalami kesalahan pengetikan, sehingga diperlukan penambahan algoritma lain untuk memperbaiki kinerja sistem.