Journal article

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

Luh Putu Ida Harini I Made Widiartha Ngurah Agus Sanjaya ER

Volume : 15 Nomor : 22 Published : 2016, May

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Udayana Mengabdi (Journal of Community Srevices)

Abstrak

Berdasarkan National Council of Teachers of Mathematics (2000), salah satu alasan diberikannya materi geometri di sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi adalah agar anak dapat menggunakan kemampuan visualisasi, mempunyai kemampuan penalaran spasial dan pemodelan geometri untuk menyelesaikan suatu masalah. Akan tetapi pada kenyataannya materi geometri kurang dikuasai dan sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Sebagian besar guru juga merasa kurang “aman” dan kurang “siap” jika mengajarkan geometri. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran matematika yang lebih interaktif berbasis TIK. Untuk mengukur keberhasilan penggunaan media pembelajaran tersebut maka dipandang perlu untuk dilakukan kajian atau evaluasi lebih lanjut. Tujuan dari tulisan ini adalah mengukur efektifitas dan ketertarikan siswa pada pembelajaran geometri menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran diujicobakan pada siswa di SMAN 5 Denpasar dan SMA Muhammadiyah I Denpasar. Dengan menggunakan uji-t dua sampel independen diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penguasaan konsep antara pembelajaran geometri menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dibandingkan dengan hanya menggunakan bahan ajar konvensional. Selain itu, dengan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis TIK lebih menarik dibanding dengan pembelajaran konvensional dalam belajar geometri.