Journal article
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Paket B dan C di Pkbm Mentari Fajar Menggunakan Metode Polya
I Wayan Sumarjaya MARTIN JONI Ni Nyoman Rupiasih JAMES SIBARANI
Volume : 17 Nomor : 3 Published : 2018, July
Buletin Udayana Mengabdi
Abstrak
Sebagai suatu institusi pendidikan nonformal yang kepemilikan dan pengelolaanya dilakukan oleh masyarakat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) menjadi tempat melanjutkan pendidikan bagi siswa putus sekolah. Observasi pada awal Februari 2017 di PKBM Mentari Fajar menunjukkan bahwa sebagian besar siswa Paket B dan C mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika misalnya operasi pecahan dan pangkat. Matematika sebagai salah satu bidang dasar yang diperlukan dalam penguasaan sains dan teknologi tentu pemahaman dan penguasaannya, khususnya dalam memecahkan masalah matematika, sangat diperlukan. Kegiatan pengabdian ini diawali dengan melakukan survei berupa pemberian kuesioner kepada guru pengajar matematika dan siswa Paket B dan C yang bertujuan untuk melihat kelemahankelemahan dalam memecahkan masalah matematika. Selanjutnya dilakukan pelatihan berupa strategi pemecahan masalah baik secara individu maupun tim. Materi pelatihan meliputi pemahaman tentang logika, pengenalan metode Polya, strategi belajar matematika, dan teknik mnemonic untuk mengingat rumus matematika. Setelah workshop dilakukan evaluasi berupa pemberian kuesioner dan soal pascauji kepada para siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelatihan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika.