Journal article

Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Bali Mandara

Volume : 4 Nomor : 1 Published : 2014, June

JURNAL MATEMATIKA - Jurusan Matematika, Fakultas MIPA Universitas Udayana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM) sehingga dapat memberikan pertimbangan bagi Pemerintah daerah dalam rangka perencanaan peningkatkan kualitas kesehatan. Penelitian ini mengambil responden sebanyak 150 resoponden yang menggunakan JKBM. Dalam penelitian ini, 27 variabel yang memengaruhi kualitas pelayanan JKBM dianalisis dengan Analisis Multivariat yaitu analisis faktor. Analisis faktor bertujuan mereduksi sejumlah variabel yang ada menjadi sedikit/berarti dan menamakannya sebagai faktor. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan JKBM dengan sumbangan kumulatif sebesar 76.021%. Faktor yang paling dominan adalah faktor Bukti Langsung dengan nilai eigen sebesar 10.165 atau faktor ini mampu menjelaskan 37.648% dari seluruh total faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan jaminan kesehatan Bali Mandara. Kata Kunci: JKBM, Analisis factor, Kesehatan