Journal article
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PERAH (Studi Kasus di KUD Argopuro, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo)
Bambang Bairosi I Nyoman Sumerta Miwada Anthonius Wayan Puger
Volume : 7 Nomor : 1 Published : 2019, April
e-Jurnal Peternakan Tropika
Abstrak
Kegiatan praktek kerja mahasiswa ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor strategis internal dan eksternal yang berpengaruh dalam pemasaran susu sapi perah serta menganalisis strategi alternatif yang sesuai diterapkan di KUD Argopuro yang mempunyai kemitraan dengan PT. Nestle Indonesia, Pasuruan. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Krucil selama 1 bulan (November 2018) dengan melibatkan 55 responden, yang terdiri dari 50 orang peternak dan 5 orang ahli. Responden peternak ditentukan menggunakan metode random sampling sedangkan responden ahli ditentukan menggunakan metode purposive random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi langsung di lapangan dengan melakukan wawancara, dan pengisian kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Matrik EFE, Matrik IFE, Matrik IE, dan Matrik SWOT. Matrik SWOT untuk menentukan beberapa alternatif strategi kemitraan antara KUD Argopuro dengan PT. Nestle Indonesia, yaitu dengan memaksimalkan keunggulan dan peluang, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Hasil analisis matriks IFE menunjukkan total skor 3,354 (posisi internal yang kuat) dan hasil analisis matriks EFE menunjukkan total skor 3,711 (kemitraan menaikkan keuntungan). Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kemitraan antara KUD Argopuro dengan PT. Nestle Indonesia, Pasuruan terletak pada kuadran I, atau masuk ke divisi tumbuh dan bina. Posisi ini menandakan sebuah organisasi yang kuat dan berada pada pasar yang kuat, sehingga memiliki peluang strategi sangat besar untuk berkembang dan perlu untuk dipertahankan. Kata kunci: KUD Argopuro, Kemitraan usaha, Analisis SWOT