Journal article
PEMBERIAN KEGIATAN MINDFULNESS PADA ANAK PANTI ASUHAN
PUTU NUGRAHAENI WIDIASAVITRI MADE DIAH LESTARI Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya I MADE RUSTIKA
Volume : 16 Nomor : 2 Published : 2017, May
Buletin Udayana Mengabdi
Abstrak
Mindfulness adalah kesadaran yang muncul saat kita memberi perhatian pada tujuan, saat ini, dan tanpa menghakimi pengalaman yang terjadi saat ini, kejadian demi kejadian. Manfaat mindfulness pada anak-anak adalah dapat meningkatkan konsentrasi, menurunkan tingkat kecemasan dan menurunkan tingkat stres anak. Tujuan memberikan kegiatan mindfulness pada program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi. Kegiatan mindfulness ini diberikan selama 4 minggu. Minggu pertama, kegiatan mindfulness dilakukan dengan menikmati beng-beng. Minggu kedua kegiatan mindfulness dilakukan dengan mewarnai yang mindful. Kegiatan minggu ketiga adalah body scanning dan kegiatan minggu keempat adalah bernafaslah. Pembekalan program dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2016. Pembekalan diberikan kepada semua anggota panti asuhan, namun treatment mindfulness selama empat minggu diberikan kepada 5 orang. Pre test dan post test dilakukan dengan memberikan subtest deret angka Weschler Intelligence Sclae for Children (WISC). Hasil yang diperoleh setelah pemberian kegiatan mindfulness adalah terjadi peningkatan skor pada subtes deret angka pada post test, yang berarti dapat dikatakan ada peningkatan daya konsentrasi pada anak-anak. Kata kunci : Mindfulness; Anak Panti Asuhan; Konsentrasi.