Journal article

Hubungan Pola Asuh Otoritatif Dengan Prestasi Akademik Pada SiswaTunarungu Kategori Tuli Kelas VI SD di Bali

Ida Ayu Maitry Sanjiwani MADE DIAH LESTARI

Volume : 1 Nomor : 3 Published : 2014, October

jurnal psikologi udayana

Abstrak

Saat ini media massa lebih banyak mempublikasikan mengenai pencapaian prestasi psikomotor dibandingkan dengan prestasi akademik pada siswa tunarungu, padahal sebenarnya siswa tunarungu memiliki kemampuan intelektual yang sama seperti siswa normal. Perbedaannya terletak pada perkembangan intelektual yang menjadi lamban karena adanya keterbatasan dalam mendengar, berkomunikasi dan berbahasa. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan intelektual anak sehingga mampu mencapai prestasi akademik yang tinggi. Ketika orang tua menyekolahkan anaknya di SLB B maupun SLB Negeri menunjukan orang tua menerapkan pola asuh otoritatif dalam mengasuh anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh otoritatif dengan prestasi akademik pada siswa tunarungu kategori tuli kelas VI SD di Bali. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kategori tuli, siswa kelas VI SD, bersekolah di SLB B atau SLB Negeri dan tinggal bersama dengan orang tuanya. Jumlah subjek yang digunakan adalah sebanyak 28 orang, yang merupakan keseluruhan dari populasi. Reliabilitas skala pola asuh otoritatif adalah 0,940. Hasil uji normalitas pada pola asuh otoritatif adalah 0,726 Hasil uji normalitas pada prestasi akademik adalah 0,658. Hasil uji linearitas pola asuh otoritatif dengan prestasi akademik memiliki probabilitas (p) 0,000. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil korelasi dalam penelitian ini adalah 0,836 dengan probabilitas (p) 0,000. Berdasarkan hal ini terlihat bahwa ada hubungan yang positif antara pola asuh otoritatif dengan prestasi akademik pada siswa tunarungu kategori tuli kelas VI SD di Bali. Hal ini berarti semakin kuat pola asuh otoritatif yang diterima maka semakin tinggi prestasi akademik pada siswa tunarungu kategori tuli kelas VI SD di Bali. Kata kunci : pola asuh otoritatif, prestasi akademik, siswa tunarungu