Journal article
Tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi Puskesmas 1 Denpasar Timur
Ida Ayu Indira Sarasija Steffano Aditya Handoko Ni Made Sri Nopiyani
Volume : 2 Nomor : 1 Published : 2018, January
Bali Dental Journal
Abstrak
ABSTRAK TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA JKN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI POLIKLINIK GIGI PUSKESMAS I DENPASAR TIMUR Puskesmas I Denpasar Timur merupakan Puskesmas dengan kunjungan tertinggi ketiga di kota Denpasar. Kunjungan pasien khususnya pasien peserta JKN di Poliklinik Gigi puskesmas ini juga cenderung tinggi. Hal ini harus diimbangi dengan kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang baik dan dapat dinilai melalui kepuasan pasien, namun sayangnya belum pernah dilakukan survei kepuasan di Poliklinik Gigi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien peserta JKN terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi Puskesmas I Denpasar Timur. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif cross sectional. Responden dalam penelitian adalah 97 pasien peserta JKN yang dipilih menggunakan teknik Consecutive Sampling. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner yang dikembangkan dari kerangka model kualitas pelayanan kesehatan oleh Donabedian, dan hasil penelitian dianalisis menggunakan metode univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 77,3% pasien peserta JKN merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Poliklinik Gigi Puskesmas I Denpasar Timur, dengan persentase sebesar. Persentase pasien peserta JKN yang puas terhadap struktur pelayanan sebanyak 92,8%. Pada struktur pelayanan, pasien merasa puas terhadap variabel fasilitas dengan persentase 94,8%; dan variabel Sumber Daya Manusia dengan persentase 94,8%. Persentase pasien peserta JKN yang merasa puas terhadap variabel proses pelayanan adalah sebanyak 75,3%. Proses pelayanan mencakup; variabel profesionalisme dengan persentase pasien yang merasa puas 86,6%; variabel interaksi dengan persentase pasien yang merasa puas sebanyak 72,2%; variabel reaktivitas dengan persentase pasien yang merasa puas 74,2%; dan variabel administrasi dengan persentase pasien yang merasa puas 96,9%. Sebagian besar pasien peserta JKN merasa puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Pihak puskesmas sebaiknya melakukan upaya peningkatan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkesinambungan terutama yang menyasar aspek interaksi petugas kesehatan dengan pasien. Kata kunci: Kepuasan pasien, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, JKN viii ABSTRACT LEVEL OF JKN PATIENTS SATISFACTION ON ORAL HEALTH CARE IN DENTAL POLYCLINIC PUSKESMAS I DENPASAR TIMUR Puskesmas I Denpasar Timur is the third primary health center with high patient visits in Denpasar. The majority of the patient visits in Puskesmas I Denpasar Timur are JKN patients especially in Dental Polyclinic. The high visited patients must balanced with good quality of oral health care and the quality can be assessed through patient satisfaction, but unfortunately the satisfaction survey in Dental Polyclinic has not been done. The purpose of this study is to determine the level of JKN participant’s patient satisfaction on dental and oral health care in Dental Polyclinic Puskesmas I Denpasar Timur. This study used a descriptive quantitative with cross sectional design. The sampling technique used was consecutive sampling with 97 sample. The data was obtained with satisfaction questionnaire which developed from Framework of Health Services Quality by Donabedian, and they were analyzed by univariate method. The results of this study showed that 77,3% of the patient are satisfied with oral health care in Dental Polyclinic in Puskesmas I Denpasar Timur. The percentage of JKN patients that feel satisfied with healthcare structure variable are 92,8%, in this aspect 94,8% patients are satisfied with facilities variable, and 94,8% are satisfied with Human Resources variable. The percentage of JKN patients that feel satisfied with healthcare process are 75,3%, in this aspect 86,6% patients are satisfied with professionalism variable, 72,2% are satisfied with interaction variable, 74,2% are satisfied with reactivity variable, and 96,9% are satisfied with administrassion variable. The majority of JKN patients are satisfied with oral health care in Puskesmas I Denpasar Timur. The management in Puskesmas I Denpasar Timur should improve the quality of dental and oral healthcare, especially for the interaction aspect between health workers and patients. Keywords : Patient satisfaction, dental and oral health care, JKN