Journal article

Perbedaan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Empat Jenis Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Ni Made Widiastuti Ni Made Sri Nopiyani I NYOMAN MANGKU KARMAYA

Volume : 3 Nomor : 2 Published : 2015, December

Public health and Preventive Medicine Archive

Abstrak

Latar belakang dan tujuan: Peta jalan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mentargetkan sekurangkurangnya 75% pasien menyatakan puas dengan layanan kesehatan oleh fasilitas kesehatan (faskes). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien secara umum, per masing-masing fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan berdasarkan dimensi mutu. Metode: Rancangan penelitian adalah survei sampel secara cross-sectional dengan jumlah responden sebanyak 148 orang pasien JKN yang dipilih secara consecutive dari empat jenis FKTP. Sebanyak 4 puskesmas, 3 klinik pemerintah, 4 klinik swasta dan 4 dokter umum dipilih secara random dari 11 puskesmas, 7 klinik pemerintah, 13 klinik swasta dan 70 dokter umum di Kota Denpasar. Data dikumpulkan dengan wawancara dari Bulan Maret sampai April 2015 di masing masing faskes mempergunakan pedoman wawancara oleh petugas pengumpul data yang telah dilatih. Data dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat. Hasil: Sebanyak 69,59% pasien JKN mengatakan puas terhadap mutu layanan FKTP. Angka ini lebih rendah dari target JKN sebesar 75%. Kepuasan tertinggi (90,00%) di dokter umum dan terendah di klinik swasta (47,46%). Berdasarkan dimensi mutu, kepuasan pasien JKN di empat FKTP berbeda secara bermakna (p=0,008) pada dimensi fisik dan empati (p=0,013). Pada analisis multivariat dijumpai variabel yang berhubungan dengan kepuasan responden yaitu jenis FKTP dokter umum dengan adjusted PR=1,91 (95%CI: 1,05-3,47) dan FKTP puskesmas dengan adjusted PR=1,76 (95%CI: 1,042,97). Simpulan: Secara umum tingkat kepuasan responden masih lebih rendah dari target JKN dan bila dilihat per FKTP, kepuasan tertinggi dijumpai pada dokter umum dan puskesmas.