Journal article

Mutu Pelayanan Puskesmas Perawatan yang Berstatus Badan Layanan Umum Daerah

Volume : 9 Nomor : 2 Published : 2014, November

Kesehatan Masyarakat Nasional

Abstrak

Kebijakan pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) sebagai Badan Layanan Umum (BLU) didirikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dasar. Kebijakan BLU Puskesmas telah diterapkan di Kabupaten Gianyar sejak tahun 2010 dan berlaku pada puskesmas perawatan maupun non perawatan. Pelaksanaan BLU Puskesmas tidak selalu meningkatkan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan BLU pada puskesmas perawatan di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 105 pengguna layanan di empat puskesmas yang dipilih dengan cara multistage random sampling. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 13 penyedia pelayanan kesehatan yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dan data kualitatif dianalisis dengan analisis tematik. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Gianyar, pada Agustus – Desember 2013. Pelayanan di puskesmas perawatan berstatus BLU di Gianyar dinilai kurang memuaskan karena keterbatasan peralatan medis dan kurangnya tenaga yang kompeten dalam pengelolaan keuangan. Pelatihan pengelolaan keuangan pada staf puskesmas dan perekrutan tenaga berlatar belakang akuntansi penting untuk dilakukan.